Selasa, 10 April 2012

This Is L-O-V-E (Part 4)


Gue pun nyuruh kak rafa buat nyetir mobilnya buat kembali ke rumah sakit. Kata mamanya kak morgan, kak morgannya tiba2 kritis. Gue kaget setengah mati. Tadi, kak morgan biasa2 ajah. Udah kayak orang yg udah sehat. Kok tiba2 jadi kritis?
            Pas nyampe rumah sakit langsung ke kamar kak morgan dirawat. Dan air mata gue seketika tumpah. Pas ngeliat mama sama papanya kak morgan lagi nangis didekat tempat tidur rumah sakit. Yang diatasnya udah ada tubuh seseorang yg udah tertutup kain putih.

            “tante, kak morgannya mana?” tanya gue dengan air mata yg udah jatuh daritadi
            “dia udah gak ada disini. Dia udah pergi nak!” kata mamanya morgan yg udah nangis sambil meluk gue!

            “hah?” gue langsung ngelepasin pelukan itu dan jalan ke tempat tidur rumah sakit dan ngebuka kain putih itu.
            Disana, ada tubuh orang yg selama 4 bulan ini gue cintai dan sayangi. Orang pertama yg ngebuat gue ngerasain apa itu cinta. Orang yg ngebuat gue selalu tersenyum. Orang yg bikin hati gue selalu ngerasa damai. Orang yg selalu kasih gue support setiap gue ngerasa berat karena ada masalah. :’(
            Tapi, orang itu sekarang ninggalin gue. Dia sekarang udah beda alam sama gue. Gue gak tahu gue punya salah apa sama dia sampe dia tega ninggalin gue sekarang.

“kak morgan! Kenapa kakak kok jadi orang tega banget? Kenapa kakak tega ninggalin semua orang yg sayang sama kakak! Termasuk aku! Kenapa kakak serasa mudah banget buat ninggalin aku kak! Kakak dulu pernah bilang, sampai kapan pun kak morgan gak bakalan tega ngeliat aku ngeluarin air mata setetes pun! Tapi, kenapa kakak sekarang ngebuat aku nangis? Kenapa kak? Kenapa?” kata gue sambil ngeguncangin tubuh kak morgan.
            “dek, walaupun kamu ngeguncang badannya morgan sekeras apapun, dia gak bakalan bangun. Ini udah takdirnya dia dek” kata kak rafa sambil ngerangkul gue.
            “kak rafa, kak morgan sendiri yg pernah bilang ke aku kalau dia bakalan selalu ada buat aku. Dia bakalan selalu ngebantu semua masalahku. Dan dia pernah janji kalau dia gak bakalan ninggalin aku. Tapi, sekarang? Dia udah gak ada disini. Dia pergi jauh ninggalin aku. Kak Morgan pembohong! Kak morgan emang pembohong!” kata gue sambil berteriak.
            “Rahel, ini udah jalan terbaik buat morgan. Tante sama om juga sangat terpukul. Tapi, ini yg terbaik buat morgan! Baca ini!” kata mamanya kak morgan sambil nyodorin kertas ke gue.
            Gue pun ngapus air mata gue dan ngebuka kertas itu.

Rahel, perlu kamu tahu. Senyuman kamu itu manis dan indah
Aku tahu, hanya dengan senyuman disetiap hari kamu,
Kamu akan bisa menyelesaikan semua masalah yg masuk kekehidupanmu
Aku tahu kalau kamu memang orang yang lembut dari luar
Tapi, aku juga tahu kalau kamu itu kuat!
Kamu orangnya kuat dan berpendirian banget!
Perlu kamu tahu..
Kalau aku bakalan ngejagain kamu semampu aku
Kalaupun aku bisa, aku bakalan ngejagain kamu selamanya.
Kamu harus selalu ingat janji kamu waktu di cafĂ©…
Love you :*
Morgan J

            Selesai ngebaca surat itu, gue langsung meluk kak rafa dan nangis sekeras-kerasnya.

            “kak morgan! Lo pembohong! Lo bohong! Lo bilang lo bakalan ngejagain gue! Tapi, kenapa lo malah ninggalin gue! Gue gak kuat kak! Gue gak bisa ngelakuin semuanya tanpa lo! Gue gak bisa senyum tanpa liat lo dulu! Gue gak bisa!” kata gue sambil terus menanngis.
-----------------------

            Keesokan harinya, gue pergi ke pemakamannya kak morgan. Untungnya hari ini hari minggu dan gak usah mikirin pelajaran dulu. Gue  make baju warna abu-abu dan celana jeans hitam. Kak morgan suka warna abu-abu dan dia pasti seneng kalau ngeliat gue pake baju abu-abu.
            Gue pergi bareng kakak2 gue. Pas nyampe depan rumahnya morgan, udah banyak banget orang. Rasa sakit, langsung menusuk raga gue. Gue seakan mau rapuh, ketika gue ngeliat kak morgan ada didalam peti dengan jas dan beberapa bunga.kak  Morgan emang agama katolik. Tapi, gue gak. Gue islam kok.
            Dia terlihat sangat tampan. Ingin rasanya gue meluk dia kayak dulu lagi. Pengen banget gue ngulang semuanya, sebelum kak morgan bener2 ninggalin gue untuk selamanya.
            Proses pemakaman berlangsung dengan hikmat. Setelah itu, mamanya kak morgan langsung nyuruh gue pulang. Sebenarnya, masih mau tinggal dulu. Tapi, mamanya kak morgan maksa gue buat pulang dan istirahat dulu,
            Dirumah, suasana hening. Kakak2 gue, belum ada yg berani ngeganggu gue dulu. Gue sekarang lagi duduk dikamar. Gue gak tahu harus ngelakuin apa. Gue gak pernah nyangka bahwa kak morgan, cinta pertama gue akan ninggalin gue untuk selamanya. Sedikit pun, hal itu gak pernah terlintas di pikiran gue.

---------------------

            Gak kerasa, udah seminggu kak morgan ninggalin gue. Dan, dalam seminggu itu gue gak pernah keluar kamar. Kesekolah pun enggak. Gue gak kesekolah, karena disekolah lagi mau diadain pensi. Sebenarnya, gue ikut. Karena, cheers dari sekolah gue bakalan ditampilkan. Tapi, kak eja udah bilang ke pelatih gue kalau gue gak bisa ikut.
            Awalnya gue ikut cheers itu gara2 kak morgan. Kak morgan yg maksa2 gue dan akhirnya, gue mulai suka sama cheers. Tapi, udahlah gue kayaknya bakalan ngundurin diri.

            Kedengaran suara ketok pintu dari luar. Gue gak ngejawab orang itu. Karena gue gak ngejawab, orang itu malah ngebuka pintunya. Dan ternyata, itu kakak2 gue.

            “astaga rahel!” kak Rafa kaget. Dia kaget karena ngeliat kondisi gue yg tampang orang yg lagi depresi banget. Rambut gue udah berantakan banget, gue juga gak pernah mandi selama seminggu. Makan cuman sekali2, tidur pun cuman sekali2. Makanya, kantong mata gue jadi item.
            “dek, kamu kenapa berlarut2 kayak gini? Morgan udah tenang disana. Kamu gak usah kayak gini. Kalau morgan tahu kamu kayak begini, pasti dia bakalan sedih dek! Morgan udah punya jalan hidupnya dia. Dan kamu pun begitu. Kamu gak boleh terus2an kayak gini!” kata kak Rangga
            “Mama sama papa pasti mikirnya, kamu baik2 ajah disini. Tapi, kenyataannya enggak kan. Kamu malah depresi gaje kayak gini. Yaudah, cepetan kamu mandi! Kita kedokter sekarang juga!” kata kak Rafa
            “aku gak mau” kataku
            “rahel, trus kamu maunya apa? Kamu gak boleh terus2 kayak gini. Kakak gak suka. Sekarang kamu tinggal pilih! Kamu ikut papa sama mama ke London dan gak bisa pulang ke Indonesia. Atau pilih ke dokter. Inget yah! Kalau kamu kakak kirim ke London, kamu gak pernah bisa siarah ke makamnya morgan.. Mau?” kata kak rafa tegas
           
            Gue gak mau kalau harus dilarang ke makamnya kak morgan. Akhirnya, gue mandi dan siap2 buat kedokter. Gue gak sakit. Tapi, kenapa kak rafa ngotot banget mau bawa gue kedokter. Dokter apa?


            Setelah siap2, kak eja bantu gue jalan ke mobil. Akhirnya, ke dokter pake mobilnya kak rangga. Dan pas nyampe, kak rafa ngobrol sama dokternya dan kayaknya kak rafa sama dokter ini udah kenal banget.
            Astaga.. Gue ternyata di bawa ke dokter psikiater.

            “kak rangga, kok ke dokter psikiater?” tanya gue
            “gak tahu.. Rafael tuh!”

            Setelah beberapa menit dokternya ngetes2 gue dengan alat2 yg gak gue tahu apa namanya, dia kayaknya mau ngetes perasaan gue
            “rahel, hal terahir apa yg kamu lakukan sama morgan yg ngebuat kamu susah buat ngiklasin dia” tanya dokter yang namanya Chandra itu.
            “aku sama dia pernah ke puncak, dan disana aku sama dia happy2an dan sebelum kami pulang, kak morgan sempet ngukir nama aku dan namanya di sebuah pohon” jawab gue
            “Sekarang, kalau saya bilang begini *aku cinta kamu*, apakah kamu langsung inget sama morgan?” tanya dokter itu
            “banget” jawab gue -_-
           
            Gue dikasih pertanyaan2 yg ngebuat gue nangis beberapa hari terakhir ini. Tapi, herannya kenapa sekarang gue gak nangis.
            Setelah kak rafa dan dokter itu bicara cukup lama, kita pun pulang. Dan di rumah, kakak2 gue ngecoba buat bikin gue kembali bisa senyum. Kita masak2 bareng, makan bareng, cuci mobil bareng, pokoknya banyak banget! Dan itu SANGAT membantu gue senyum dan ketawa lagi.

            “gimana hel? Besok sekolah kan?” tanya kak eja
            “iya dong kak” jawabku penuh senyuman.
           
            Gue ngerasa udah kembali kayak dulu. Gue udah mulai bisa ngerasain semua yg gue rasain dulu. Kak morgan boleh ninggalin gue. Tapi, namanya bakalan tetep ada dihati gue J

---------------------

            “Rahel!!! Astaga.. Gue kangen sama lo!!!” kata dicky sambil meluk gue
            “gue juga kangen sama kalian!!” kata gue sambil meluk dicky+Ilham+bisma
            “Eh, gara2 lo tuh yg ngurung diri didalam kamar seminggu! Alhasil, lo yg jabatannya leader di cheers malah gak ikut pensi!” kata Ilham
            “Tunggu!!.. Gilang mana?” tanya gue
            “tumben nyariin gilang? Dia lagi di ruang osis tuh!” kata Bisma
            “yaudah, kita kesana yuk! Gue mau banget nyumbang bakat dipensi!!” kata gue
            “ok! Kita juga kepengen banget lo ikut!” kata Dicky

            Kita berempat pun jalan keruang osis buat nyariin gilang. Selama jalan, gak sedikit orang2 yg nyapa gue dan bilang turut berbela sungakawa. Dan selama gue jalan keruang osis, gak sedikit gue lewat di tempat2 yg punya banyak kenangan tentang gue dan kak morgan. Tapi, kayaknya ngurung diri bukan hal yang tepat yg gue lakuin. Masih banyak kegiatan2 yg perlu gue isi. Masih banyak pula temen gue yg perlu bantuan gue, walaupun gue sendiri masih perlu bantuan. Kayaknya kak morgan bakalan seneng kalau ngeliat gue seneng. Gue udah mutusin buat kembali move on. Gue janji bakalan ngejalanin kehidupan gue kayak biasanya walaupun sebagian nafasku udah pergi dibawa sama kak morgan. Gue bakalan coba buat ngejalanin semuanya.
Btw, Gilang itu ketua osis di sekolah gue. Dan sekarang, gue malah mau bilang dulu ke dia kalau gue mau banget nyumbang bakat! Kebetulan gue sama gilang udah akrab banget!

            “Hay gilang!!!” kata gue pas masuk ruangan osis
            “eh, ini dia pemeran utama pensi kita! Lo dari mana ajah! Gue udah hampir bilang ke kepsek supaya pensi kita diundurin karena gak ada lo!” kata gilang
            “hah? Beneran? Emang gue dapet kerjaan apa?” tanya gue
            “karena di cheers lo udah ngundurin diri, sekarang ekskul musik narik lo! Jadi, lo harus nyanyi. Itu karena, guru musik sekolah kita suka suara lo yang khas..  Lo nyanyi sendiri 2 kali trus duet sama Ilham.  Trus yah, karena bisma, dicky, sama Ilham ngerengek mau ngeband bareng lo! Jadi, gue masukin juga. Lagu yg mau lo nyayiin udah di tentuin sama Ilham sebagai leader ekskul musik!” jelas gilang.
            “emang pensinya kapan?” tanya gue
            “pensinya 2 minggu lagi. Inget hel! Kepsek juga ngundang alumni2 dari sekolah kita. Dan Sekarang, lo harus professional. Lupain semua masalah pribadi lo dulu, ini semua demi nama baik sekolah kita! ” kata Gilang
       “bakal gue usahain lang!” jawab gue
            “yaudah, mending sekarang lo keruangan musik! Lo latihan deh disana!” kata Gilang.
           
            Gue pun jalan ke ruang musik dengan perasaan yg udah lega. Disini gue janji buat kasih penampilan yg terbaik. Pas nyampe, latihan gak langsung dimulai. Malah harus dikasih pengarahan2 dulu sama Ilham.. Hahaha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar