Sabtu, 16 Juli 2011

*I And My Life part 1:Surprise


“Nan,ayo bangun udah jam 6 nih,nanti telat loh!” teriakan mamang Bisma membuat
aku terbangun dari mimpiku yang menjadi seorang putri kerajaan.
“Aduh mang gak bisa yah kalau cara ngebanguninnya gak pake teriak,eh
Mamang tumben belum berangkat gak ada show yah!” tanyaku
“kalau gak pake teriak kamu pasti gak bakalan bangun,Oh iya mamang hari
Ini mau masuk kuliah dulu soalnya kata teman mamang mau ada ujian” kata mamang dengan senyuman khasnya

Mamang bisma adalah kakak semata wayangku. Aku sayang sekali sama mamang. Dialah orang yang telah mengajarkanku banyak tentang hidup ini. Setelah selesai bersiap-siap dan sarapan,mamang mengantarkanku kesekolah.Walaupun jarak sekolahku dan kampus mamang sangat jauh dan berlawanan arah,mamang tetap ingin mengantarkanku.Bagiku mamang adalah kakak yang terbaik didunia. Kalau mama dan papa harus keluar kota mamang yang menjagaku,kalau aku dibayangi rasa takut pasti dia melindungiku dan ketika aku sakit dia juga yang merawatku.
          Aku senang kalau papa dan mama keluar kota dan mamang tidak ada show pasti mamang selalu menemaniku dirumah dan biasanya dia membawa teman-temannya yang tergabung dalam sebuah boyband.Mereka biasa latihan dance atau karaoke dirumah.Aku senang kalau rumah jadi ramai. Aku tak tahu mengapa mamang begitu baik kepadaku.
Kalau aku bertanya kepadanya mengapa dia sangat baik kepadaku,dia hanya menjawab karena kamu adikku satu-satunya. Kalau aku punya masalah aku selalu bercerita pada mamang dan dia pasti membantuku.Begitu juga kalau mamang punya masalah.
          Biasanya aku merasa kasihan kalau mamang bercerita tentang kekasihnya yang memutuskannya begitu saja. Alasannya hanya satu,orang tua dari wanita yang disukai mamang menolak anaknya berhubungan dengan laki-laki yang hanya mempunyai Sembilan setengah jari. Memang jari mamang putus karena mamang pernah dihajar oleh geng motor yang tidak punya perasaan.Waktu itu aku nangis-nangis liat mamang yang terbaring lemah dikamar rumah sakit.
          Kalau dilihat mamangku memang sangat keren dan modis,tapi hanya karena jari telunjuknya ynag tidak utuh,sampai sekarang mamang tidak mempunyai seorang kekasih.Kalau mamang cerita kalau dia diputuskan sama kekasihnya aku merasa ingin memukuli wajah wanita itu. Aku kasihan sekali dengan kondisi mamang.

“Nan,udah sampai mau turun gak?”kata mamang dan membuyarkan semua khayalanku.
“Hah! Udah nyampe? Makasih ya mang aku masuk dulu” kataku sambil tersenyum
“Eh,bawa uang jajan gak?” Tanya mamang Bisma
“Astaga aku lupa minta sama mama!” kataku kaget
“Ini pake uang mamang” kata mamang sambil menyodorkan uang Rp.50.000
“Ih,mamang Bismaku yang keren,uangnya pake ajah buat ngebeliin bunga
Untuk nembak cewek yang mamang certain.Lagian kan aku punya hp jadi bisa
Online lumayan buat nahan lapar”kataku sambil memperlihatkan telepon genggamnku.         
“kamu tahu kan kalau mamang orangnya gak lebai dan gak suka basa-basi
Lagian kalau mamang kan punya kartu  kredit,adikku yang manis” katanya lagi
“Udah deh ngoceh mulu,berangkat sana aku doain biar diterima”kataku meledek

Setelah mobil mamang pergi aku pun beralan menuju kelas sambil memikirkan mamang dan kehidupannya. Menurutku mamang adalah cowok cuek tapi sebenarnya perhatian,punya pendirian dan pastinya keren. Karena aku terlalu memikirkan mamang aku tidak sadar ternyata kelasku telah lewat.




“Nan,cari apa?” Tanya Reza
 Reza adalah Kakak kelasku sekaligus sahabat satu boyband mamang. Oh iya,mamangku punya boyband namanya SM*SH.Reza juga adalah kakak dari pacarku Ilham
“eh,astaga aku lupa sorry yah Za” kataku sambil berlari kembali kelasku.
“Sayang,kamu dari mana. Dari tadi aku panggil-panggil kamunya jalan terus.”
“Sorry tadi aku kepikiran terus sama satu hal”kataku sambil duduk. Kebetulan aku satu bangku sama Ilham.Aku satu bangku sama dia karena Ilham pintar dan bisa menagajariku apa yang tidak aku tahu.Lagi pula kalau sebangku sama pacar seru.
“apa?” Tanya Ilham lagi.
“soal mamang ham” jawabku.
“si Bisma kenapa?” Tanya Ilham lagi.
“Aku kasihan deh sama mamang.Dia itu kan penyanyi terkenal,keren lagi
Selain itu dia juga jago nyanyi dan break dance.Tapi kenapa gak ada yang
Bisa setia sama mamang hanya karena jari telunjuknya itu” jelasku pada Ilham dia hanya menatapku
“kan Bisma punya bismaniac,asal kamu tahu bismaniac itu ada beratus-ratus
Orang,nan.Dan mereka tahu jarinya Bisma itu putus dan mereka tetap kok
Jadi penggemarnya Bisma”kata Ilham
“nyari orang yang sayang mamang itu banyak,tapi masalahnya ada di orangtua
Cewek itu”kataku lagi.
“emang kenapa sama orang tua ceweknya Bisma?”Tanya Ilham lagi
“Mereka itu gak mau kalau anak mereka pacaran sama orang yang tangannya
Gak utuh”kataku

          Belum sempat aku melanjutkan pembicaraanku dengan Ilham,guruku memasuki kelas dan pelajaran harus segera dimulai.Setelah pulang sekolah aku menunggu mamang menjemputku.Aku biasanya diantar pulang Ilham,tapi mamang sudah janji ingin menjemputku,tapi 15 menit aku menunggu baru dia datang tanpa wajah bersalah.

“Mamang kok lama banget! Nanti kalau kulit aku kebakar gara-gara matahari
Siang yang panas banget gimana?”kataku ngambek
“jangan ngambek dong,kan mamang harus nganterin. . . .” mamang lalu menghentikan bicaranya.
“Oh,jadi mamang diterima yah,terus nganterin ceweknya dulu ha. .ha. .ha” aku lalu tertawa
“udah deh,makan yuk” ajak mamang
“aduh,mamangku yang keren dan baik hati,aku capek nungguin mamang aku mau istirahat dan makan bareng mama papa.” Kataku menolak
“mama papa belum pulang,kamu mau dirumah sendiri?”Tanya mamang
“enggak”jawabku singkat
“yaudah kita makannya di tempat biasa yah” kata mamang sambil mulai menjalankan mobilnya.

Sepanjang perjalanan aku hanya senyam senyum sendiri sambil mengotak atik handphoneku.Aku online sambil bersyukur sama tuhan karena mamang udah punya pacar lagi.
“eh,senyum sendiri”kata mamang
“emang salah kalau senyum?”tanyaku tanpa menghilangkan senyumanku
“biasanya sih,kalau ada cewek yang suka senyam senyum sendiri sambil ngotak
Atik handphone itu bisa ditebak kenapa dia senyum”kata mamang
“sok tahu deh,apa coba alasanku senyum sendiri?”tanyaku





“pasti kamu lagi ngebayangin Ilham sambil ngebaca sms dari dia!Iya kan”kata mamang lagi
“hah? Suka ngasal deh!”jawabku
“ngasal? Gak kok” Tanya mamang Bisma sambil tersenyum
“kayaknya penyakit sok tahu mamang kambuh lagi deh”kataku sambil membalas senyum mamang
          “Jujur aja deh. Gak apa kok! Lagian wajar kali” kata mamang sambil tertawa
“iya iya aku ngaku?”tanyaku lagi
“kamu udah pernah dicium Ilham belum?”Tanya mamang lagi dengan nada meledek
“Mamang kok nanya aneh-aneh sih” kataku dengan malu
“yah kan gak apa-apa kalau aku tahu.Kentara tahu kalau tadi dia nyium kamu”
Kata mamang terus mengintrogasiku
“aduuuh tambah aneh deh.Emang kentara dari mana?”tanyaku dengan wajah tersenyum
“itu bibir kamu merah”kata mamang sambil tertawa
“Mamang tambah lama tambah nyebelin deh kan bisa ajah merah karena pake
lipgloss”kataku sambil memegangi bibirku
“iya mamang tahu tapi ada bedanya kalau bibir pake lipgloss sama bibir udah
Dicium.udah deh jujur ajah.Mamang juga sering nyium pacar mamang dari
Smp malah”kata mamang sambil terus tertawa
“aduhh.udah deh”kataku malu

Mamang masih terus tertawa sapmai akhirnya aku sampai ditempat makan favoritku. Waktu mamang keluar dari mobil.Mamang langsung disambut histeria para penggemarnya. Mamang lalu memberikan tanda tangan kepada para fansnya,lalu aku pun masuk ke dalam restoran itu.Aku langsung duduk tanpa mengeluarkan sepatah kata. Aku berbicara hanya pada saat aku memesan makanan. Itu lagi dengan wajah cemberut.
“udahan dong cemberutnya.Mau mamang certain gak tentang pacar baru
Mamang?”tanyanya

Aku tidak menjawab dan tetap memasang wajah cemberut.Sampai Reza, ,Dicky,kak Rangga,kak Morgan ,dan Cocoh datang.”
“gak apa-apa lagi kan emang wajar umur kamu kan,udah 16 tahun”kata Cocoh
“eh tahu gak tadi Nanda dicium loh sama adeknya si Reza!”kata mamang
“yaaaa”kata mereka serentak
“dari mana kamu tahu Bis”Tanya kak Rangga
“liat aja tuh bibirnya”kata mamang
“aduh,gak bisa ngomong yang lain gak sih?” kataku
“oh iya pacarnya Nanda mana?”Tanya kak Rangga
“waktu aku mau kesini dia lagi mandi,jadi aku berangkat duluan”kata Reza
 “oh iya Bis jadi gak acaranya?”Tanya Cocoh
“hah? acara? acara apa mang?” tanyaku penasaran
“acara pertunangan kamu sama Ilham?” kata mamang
“hah? Mamang!” kataku kaget
“gak kok,cuman acara diner dirumah kamu ajah”kata Cocoh
“gak modal banget sih mamang jadi cowok,diner dirumah! Pasti gak enak udah
Suasananya gak romantis terus gak luas karena ada mama papa!”
“bukannya gak modal cuman kan kalau restoran mahal yang dihias bisa puluhan juta.Tapi,kalau rumah yang dihias cuman ratusan ribu” jawabnya sambil tersenyum
“trus mama dan papa gimana?” tanyaku
“mama dan papa lagi keluar kota 2 minggu,aku juga udah izin kok sama mereka”jawab mamang
“mamang lebay banget sih jadi cowok.Jadian ajah belum sampai 24 jam eh main tunangan tunangan ajah.Terus gimana sama orang tuanya?”kataku lagi
“emang siapa yang mau tunangan? Aku itu cuman mau kasih dia surprise.Eh orang tuanya cuman nyuruh aku sabar karena dunia memang penuh dengan berbagai cobaan” kata mamang mengelak
“pacar mamang namanya siapa sih?”tanyaku
“Dina.”jawabnya singkat
“ok,kalau gituh entar aku kasih tahu kak Dinanya,biar gak jadi surprise lagi”
Kataku mengancam
“eh,eh jangan gituh donk.Masa gitu banget sama mamangnya.”kata mamang memohon
“S-U-S-H-I”kataku sambil mengeja kata sushi,makanan kesukaanku
“iya,deh nanti kita makan sushinya sama Ilham ajah”kata mamang kembali meledek
“itu kan mulai lagi!” kataku
“eh Ilham udah datang tuh”kata Reza
“eh Ilhamnya udah dateng,Nandanya gak cemberut lagi deh”kata Cocoh sambil tersenyum
“Eh say jangan cemberut dong.Nanti cantiknya Hilang lagi”kata Ilham menggombal

Aku pun pulang kerumah bersama Reza,Ilham,Mamang,Cocoh,kak Rangga,kak Morgan,dan Dicky.Sesampai dirumah aku tidak langsung masuk kekamar malah ikut-ikutan nyiapin kejutan buat kak Dina.Aku juga menanggung kerepotan karena mamang menyuruku menyapu dan mengepel seluruh rumah.Aku merasa sangat lelah,tapi aku rela lelah demi kebahagiaan mamang Bisma.
          Selain itu mamang juga menyuruhku membawa makanan pada saat kak Dina sudah duduk dimeja makan yang sekarang terlihat sangat mewah. Kursi-kursi ditata rapi.Jalan masuk menuju ruangan makan penuh dengan bunga dan tercium sangat harum.
          Tepat pukul 7 malam,Mamang pergi menjemput kak Dina. Setelah mereka sampai dirumah aku membukakan pintu
“Hey,kak Dina yah? Wah cantik banget” kataku pada kak Dina yang memakai dress warna ungu disertai dengan highlits berwarna transparan
“Hey juga kamu juga cantik!”dia memuji balik
“masuk yuk kak”aku menyuruh kak Dina masuk dan duduk diruang tamu.

Mamang gak langsung duduk dia masuk dulu untuk memastikan semuanya siap.
“eh,bye the way nama kamu siapa?”Tanya kak Dina
“nama Q nanda.Kak kakak kok bisa suka sih sama mamang?”tanyaku
“oh jadi kamu manggil Bisma dengan mamang yah?”Tanyanya lagi
“iya kak,kan aku orang sunda!”jawabku sambil tersenyum
“kakak juga.”jawabnya singkat
“aku senang deh mamang udah punya cewek,jadi bisa aku anggap kakak
Juga.kakak mau kan aku anggap kakak?”tanyaku
“iya,kakak anak tunggal jadi gak punya adik padahal sebenarnya mau
Banget punya adik cewek yang umurnya kayak kamu!” katanya
“aku juga seneng punya kakak cewek jadi ada temen buat curhat. Kalau
Curhat sama mamang malah diledekin,kalau curhat sama temen kadang
Canggung,apalagi kalau masalah cinta”kataku
Aku merasa cocok sama kak Dina,kalau diajak ngomong nyambung banget.Sekitar 10
menit aku berbincang-bincang mamang lalu memanggil kak Dina untuk makan.Aku pun mempersiapkan berbagai hidangan dimeja makan.

Aku cuman duduk nonton diruang santai,aku membiarkan mamang dan kak Dina
berdua dimeja makan.Sedangkan temen-temen mamang malah asik main playstation di ruang tamu.Setelah selesai makan,mamang dan kak Dina keluar dengan senyum yang begitu mekar diwajah mereka.Melihat mereka yang sedang duduk diruang tamu menemani Cocoh,kak Rangga,kak Morgan,Dicky,Reza,dan Ilham aku lalu menuju ruang tamu
“kak pasti tadi cuman makan sama becanda ajah yah” tanyaku pada kak Dina
“kok,tahu tadi ngintip yah?”Tanya kak Dina
“gak kok.Mamang itu orangnya gak suka basa-basi trus gak romantis
Tapi,kalau melucu paling jago”kataku
“iya,kita kebanyakan ketawa”kata kak Dina lagi dengan senyumannya

Sekitar 15 kita bercanda,mamang lalu berdiri dan bermaksud untuk mengantar kak Dina untuk pulang.
“kak Dina udah mau pulang?”tanyaku
“iya soalnya udah hamper jam 10 malam nih”kata kak Dina
“yah kok,pulang nginap disini ajah deh,temen-temennya mamang nginap
Disini mereka kan cowok semua.Gak ada yang bisa diajak curhat. Kak
Dina nginap yah,tidurnya dikamar aku ajah.”kataku dengan wajah sedih
“perasaan,kalau mamang yang mau pergi ke basecamp dan tinggal
Disana sampai sebulan kamu gak bereaksi apa-apa”kata mamang
“yaudah aku pulang ambil baju dulu ajah.Ok!”kata kak Dina sambil tersenyum lagi
“Tapi,kak aku maunya kakak tinggal disini sampai mama dan papa
Gak asik kalau yang ditemenin ngomong itu Cocoh,kak Rangga,kak
Morgan,Mamang,Dicky apalagi Reza. Pasti ngomongnya
Ngaco aku terus ledekin aku mulu”kataku

Mamang dan kak Dina lalu saling pandang dan mereka menyetujui permintaanku.Kak Dina diantar pulang oleh Mamang untuk mengambil beberapa lembar pakaian.Selama Mamang pergi aku hanya dijadikan bahan olok-olokan mereka.
“eh tahu gak tadi ada yang cenat cenut loh pas di sekolah”kata Reza
“cenat cenut?emang siapa?” Tanya kak Morgan mulai penasaran
“iya dia lagi cenat-cenut karena ngalamin first kissnya”kata Cocoh

Mereka semua melihatku dan serentak tertawa
“kok aku?”tanyaku bingung
“iyalah tadi kamu abis ciuman kan sama adikku”kata Cocoh lagi
“sok tahu kamu,tahu dari mana coba”Tanya ku
“bibir kamu tuh,iya kan ham tadi kamu nyium nanda di dekat wc” kata kak Morgan sambil menunjuk ke arah bibirku
“aneh!”kataku sambil pergi dan melemparkan bantal kursi pada Reza
Aku lalu berjalan ke balkon rumahku.Dan Ilham juga mengikutiku

“masa mereka bisa tahu sih,kalau tadi kamu nyium aku.Aku kan malu! Apalagi mamang waktu dimobil ngebahas ituuu terus kamu ngasih tahu mereka yah!” tanyaku pada Ilham
“gak kok.Tapi kata Reza dia liat kita tadi mungkin dia yang nyebarin”kata Ilham padaku
“eh malam ini bintangnya banyak banget yah!”kataku pada Ilham
“iya tapi,ada satu bintang loh yang bisa bikin aku senyum terus kalau liat dia?” kata Ilham padaku sambil tersenyum
“Bintang yang mana?”tanyaku penasaran
“Bintangnya deket kok, ada disamping aku”katanya
“ngegombal deh kerjaannya”kataku sambil tertawa

1 komentar: